Hari ini resmi sudah Mi Mix 2s diluncurkan ke publik, salah satu rumor yang paling kenceng adalah penggunaan AI pada camera dan design yang hampir bezzel-less. Seri upgrade dari Mi Mix 2 ini menggunakan prosesor yang sama dengan Samsung S9, Snapdragon 845. Seri yang paling terkini, yang diyakini lebih cepat dan hemat daya. Seri Mi Mix 2s juga merupakan jajaran ponsel Mi pertama yang menggunakan teknologi ARCore Google untuk penggunaan aplikasi Augment Reality yang lebih wow dan kabarnya, ponsel inilah yang menjadi debut perdana penggunaannya!

Selain itu, terbenam juga teknologi AI pada dual kameranya. Pada bagian yang satu ini, merupakan salah satu bagian yang jadi keunggulannya. Dua lensa nya berukuran 12MP  f/1.8 dan f/2.4 telephoto. 4-axis OIS dan dual pixel autofocus. Dengan bukaan f/1.8, kamera ini bisa diandalkan untuk mengambil gambar di tempat yang gelap. Sensornya menggunakan  Sony IMX363 sensor yang sama dengan Mi 6. Dengan konfigurasi seperti, secaa teori gambar yang dihasilkan lebih terang, less noise dan lebih fokus dalam keadaan kurang cahaya.

Dapur Pacu

Otak yang dibenamkan di ponsel ini salah satu yang terbaik di kelas ponsel premium. Qualcomm® Snapdragon™ 845. Untuk memory, Mi MIX 2s tersedia dalam tiga pilihan: 6GB+64GB (Rp. 7,2 Juta), 6GB+128GB (Rp. 7,8 juta) dan 8GB+256GB (Rp. 8,7 Juta). Dibandingkan dengan Samsung S9/S9+ tentu masih lebih murah Mi Mix 2s ya?

Daya pada ponsel ini menggunakan baterai dengan kapasitas 3400 mAh (Quick Charge 3.0 dengan kabel bawaan) menggunakan USB type C, seperti biasa untuk ukuran ini saya bisa pastikan bahwa ponsel ini bisa bertahan 1 hari tanpa buru buru dicharge di sore hari untuk pemakaian berat. Seri ini juga membawa kejutan lainnya, sesuatu yang Samsung sudah lama miliki: Wireless Charging. Dengan nama Qi Wireless Charging, perangkat ini merupakan perangkat wireless charging pertama Xiaomi dengan induksi keramik. Jika Anda ingin membelinya secara terpisah, harganya cukup murah, hanya $16. Jika Anda membeli tipe 8GB+256Gb, maka charger ini sudah termasuk dalam paket pembelian. Dengan konfigurasi seperti ini, diatas kertas, ponsel ini salah satu ponsel tercepat. Sangat cepat malah. Lihat saja skor Antutunya: 277,178. Tahu skor Antutu untuk iPhone X? hanya 202,496. Samsung S9+ G965 6GB 64GB? hanya 265,000.

Design

Mari kita bedah bagian ini..

Berukuran 5,99 inch dan beresolusi 1080p (ketika yang lain sudah QHD!), layar ponsel ini sudah menggunakan rasio ponsel kekinian, 18:9. Bezel atas nya tipis-tapi tidak hilang sama sekali-dan menggunakan teknologi LCD. (Nope, bukan AMOLED!) Tapi cukup terang dan sedap dipandang. Terdapat satu speaker dibagian bawah kiri dan USB type C port untuk charging berada ditengah sebelah mic. Speaker untuk ponsel ini mono dan tanpa jack 3,5mm headset port! Ponsel ini tidak memiliki rating IP. Artinya, tidak waterproof (atau splash?) dan anti debu tapi memang seri ini lebih premium untuk pilihan chasingnya. Tidak mudah melorot karena menggunakan chasing keramik. Selain kokoh, bahan keramik lebih tahan akan gores. Sisi negatifnya, yang pasti jadi agak lebih berat dan meninggalkan tanda sidik jari.

Bagian belakang, konfigurasi kameranya mirip ponsel sebelah. Simpel dengan pemindai sidik jari ditengah tengah. Seperti biasa, teknologi pemindai MIUI bisa membaca kurang dari 0,5 detik dan sangat akurat. Dilihat dari bentuk dan penggunaannya, finger print reader ini menggunakan hardware yang sama dengan pendahulunya, Mi MIX 2.

Xiaomi Mi Mix 2 hands-on review

Xiaomi Mi Mix 2 hands-on review

Xiaomi Mi Mix 2 hands-on review

Full Specifications:

  • Body: Four-side curved ceramic body and metal frame, Corning Gorilla Glass 4, 150.9 x 74.9 x 8.1 mm, 191 grams
  • Display: 5.99-inch IPS LCD, 1080x2160px (18:9), 403 ppi, 2.5D glass
  • OS: Android Oreo with MIUI 9.5 on top
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 845, 4×2.8 GHz Kryo 385 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 385 Silver, octa-core CPU, Adreno 630 GPU, 6/8GB RAM
  • Storage: 64GB, 128GB or 256GB internal
  • Rear Camera: Dual 12 megapixels, f/1.8, Sony IMX363, plus 12 megapixels, f/2.4, Samsung S5K3M3, 2x optical zoom telephoto Dual Pixel, 4-axis OIS, two-tone LED, 4K video
  • Front Camera: 5 megapixels, f2.0, 1080p video
  • Connectivity: 4G VoLTE, Dual SIM, Bluetooth 5.0, dual-band Wi-Fi 802.11ac, A-GPS/GLONASS, BDS, NFC, USB 2.0 Type-C port
  • Battery: 3,400mAh non-removable, Quick Charge 3.0 fast charging support, Qi wireless charging support
  • Misc: Fingerprint sensor

You Decide!

PRO:

  • Ponsel ini kenceng banget. Dengan RAM 8GB, mau buka apa aja ga bakal ngelag
  • Layar lebar dengan ratio 18:9, nonton bisa lebih luas dan nyaman dan bezel yang tipis banget
  • Hasil kamera sudah pasti bagus dengan bukaan F/1,8 cocok buat ngambil gambar di tempat yang kurang cahaya dan auto focus yang makin topcer, ditambah AI yang bisa bikin gambar / video yang dibuat lebih bagus dan semakin bagus
  • Chasing belakang keramik, lebih tahan baret dan premium

CONS:

  • Layarnya masih 1080p bukan Amoled.
  • Tidak waterproof
  • Tidak ada port 3,5mm headset jack
  • Baterai dengan ukuran standar 1 harian
  • Ukuran ponsel yang besar bikin susah masuk celana jeans
  • MIUI nya masih ngebug. (Come on! Hape ini 8 juta lebih!!)

Kesimpulan:

Sepertinya, mereka yang cocok dengan ponsel ini adalah mereka yang pengen punya ponsel kenceng banget tanpa harus ngeluarin duit diatas 10 juta IDR. Karena ga ada rating IP 68, penggunanya ga boleh iseng main ponsel sambil mandi.

Kira kira, kalau sudah resmi beredar di Indonesia, tertarik beli ponsel ini, ngga? Mereka yang mau punya ponsel dengan hardware premium tapi dengan harga yang lebih murah, bisa mulai mikir mikir buat upgrade ke ponsel ini. Saya malah lebih tertarik menunggu seri Mi 7 launching. Seperti apa ya?

Source: MIUI Forum dan GSMArena, Mi.com