Pada peluncuran Mi Mix 2S kemarin saya sempat membahas mengenai terbenamnya AI pada sistem kameranya. Kenapa ya Xiaomi ikut meramaikan pasar AI dunia? Disini akan saya jelaskan secara umum mengenai Xiao AI; Asisten digital buatan Xiaomi.

AI/Artificial Intelegence yang dalam bahasa Indonesia disebut juga sebagai kecerdasan buatan adalah sistem komputerisasi yang dapat bekerja dan berfikir sendiri melalui masukan (input) dari manusia dan dapat mengeluarkan (output) yang khusus yang biasanya memerlukan kecerdasan manusia, seperti pengenalan visual, pengenalan suara, pengambilan keputusan dan menerjemahkan dari bahasa satu ke bahasa yang lain.

Lalu bagaimana dengan Xiao AI? Apa yang bisa dikerjakan oleh sistem ini? Sebetulnya, Xiao AI sudah diperkenalkan pada perangkat speaker pintarnya tahun lalu namun karena masih banyak bug, akhirnya secara resmi sistem ini diperkenalkan kembali berbarengan dengan Mi MIX 2S.

XiaoAI sendiri lahir karena kebutuhan pasar Tiongkok akan teknologi semacam ini. Google tidak lagi menjadi dominan dengan Google Assistant-nya karena aksesnya yang dibatasi di Tiongkok sejak 2010, Siri yang terbatas diperangkat Apple saja, Alexa (Amazon) dan Cortana (Microsoft) tidak begitu populer di negeri tirai bambu itu. XiaoAi memang dibuat dan disesuaikan dengan pasarnya di Tiongkok, karena memudahkan penggunanya yang memang menggunakan Mandarin.

Apa yang bisa dilakukan XiaoAi? Tidak jauh berbeda dengan semua kompetitor diatas, Xiao AI dapat diperintah untuk membuka aplikasi, mengambil foto, menerjemahkan bahasa asing, memeriksa cuaca, menyalakan lampu, manajemen keuangan melalui WeChat dan segala macam perintah lainnya melalui pesan suara.

Pada tayangan iklan, animasi XiaoAI mirip sekali dengan Google Assistant termasuk warna warni bar yang bergerak pada saat Anda memberikan XiaoAI pertanyaan.

Saat ini, XiaoAI yang ada pada perangkat Mi Mix 2S saja dan terbatas pada bahasa Mandarin dan akan tersedia untuk perangkat lain melalui MUIU update di Tiongkok. Belum jelas, kapan Xiaomi akan membuat sistem ini tersedia untuk fans nya yang ada diluar Tiongkok. Sementara, kita bisa menggunakan Google Assistant, Siri atau Alexa terlebih dahulu.

Tertarik untuk pakai XiaoAi? Kalau saya sepertinya mesti belajar bahasa Mandarin dulu nih.