Xiaomi Mi A3 Banner

Xiaomi akan meluncurkan Mi A3 di Spanyol hari ini, 17 Juli 2019. Mi A3 sendiri adalah seri telepon genggam dari Xiaomi yang menggunakan pure Android Stock OS. Seri global gawai ini adalah yang ketiga dari seri sebelumnya A1 dan A2. Mengusung fitur kameranya yang luar biasa dari A2, seri terbaru Mi A3 ini di harapkan membawa fitur AI dan emoji terbarunya. Spesifikasinya sama dengan Xiaomi CC9e yang sudah diluncurkan di Tiongkok beberapa saat yang lalu. Simak ads Mi A3 di youtube dibawah ini:

Situs Soyacincau.com mendapatkan detail dan spesifikasinya terlebih dahulu. Mari kita simak dibawah ini:

Xiaomi Mi A3 memiliki tampilan notch (Air Drop?) dibagian depan untuk meletakkan kamera depannya yang berukuran 32MP, berukuran 6.088″ (720×1560 pixels) AMOLED dengan resolusi HD+. Sayang, untuk seri ini tidak Full HD seperti yang ada di A2. dan terdapat in-display fingerprint serta mempunyai proteksi Corning Gorilla Glass 5. Pada bagian dapur pacunya, seri ini menggunakan octa-core Snapdragon 665. Seri ini dipilih karena efesiensi penggunaan voltasenya, sementara banyak yang berharap seri ini sudah menggunakan SD 720. Dibekali tenaga baterai 4030mAh dengan USB C charging dan dapat mensupport 18W fast charging, namun demikian pada paket penjualannya yang kami baca, hanya terdapat adapter 10W dan satu lagi, jack 3,5mm masih tersedia dibagian atas untuk mereka pecinta wired headset!

Penyimpanan yang tersedia adalah 4/64 dan 4/128 dan support tambahan MicroSD dengan hybrid simcard slotnya, melihat sejarah seri Android One ini, sepertinya akan ada seri dengan konfigurasi RAM dan ROM yang lebih besar. Sedangkan untuk bagian ambil gambar dan video, Mi A3 memiliki 3 lensa dibelakang dengan konfigurasi: 48MP untuk lensa utama dengan bukaan f/1.79, 8MP dengan lensa 118-degree wide-angle dan 2MP untuk keperluan depth sensor. Sampai saat ini kami tidak memiliki dokumentasi hasil jepretan Mi A3 yang bisa dibandingkan dengan seri sebelumnya, kalau sudah ada, kami akan update artikel ini. Cover belakangnya menggunakan glossy dan terdapat logo Xiaomi di bagian pinggir dan ada juga softcase tambahan di dalam box. Warna yang kalian lihat dibawah ini adalah “Kind of Gray”. Sementara warna lain ada “Not Just Blue” dan “More Than White”, Tipikal penamaan yang sama dengan seri Google Pixel.

Seperti yang kami tulis diawal, seri ini akan diluncurkan di Spanyol pada 17 Juli dan di Perancis pada keesokan harinya. Kami masih belum tahu apakah Xiaomi Indonesia akan meluncurkan seri ini dalam beberapa pekan kedepan atau mungkin akan tersedia dalam hitungan hari setelah diluncurkan di Perancis? Kami belum menemukan sertifikat untuk seri ini di Kemenperin. Harga pada saat peluncuran adalah EUR 249 untuk 64GB dan EUR 279 untuk 128GB. Kami rasa akan ada versi Mi A3 pro dengan SoC dan layar yang lebih baik, tapi entahlah. Kita tunggu saja.

Kami belum bisa berkata banyak mengenai device yang satu ini karena memang belum terjual secara global. Nanti kami akan mereview hasil gambar, performa dan lain lain. Menurut Anda, apakah A3 ini bisa menggantikan seri A2 yang Anda miliki sekarang?

Seluruh gambar diambil dari Soyacincau.com
Diupdate setelah peluncuran di Spanyol selesai. Menambah video teaser, tambahan spesifikasi pada layar dan harga launching.